BerandaBeritaLuar Biasa ! Buruh Bangunan Asal Sergai Mampu Buat Pesawat Model Aeromodelling
spot_img

Related Posts

Featured Artist

Kaleb Black

Painter

Kaleb started this adventure 7 years ago, when there was no real voice protecting the environment. His masterpieces promote saving the Earth.

Luar Biasa ! Buruh Bangunan Asal Sergai Mampu Buat Pesawat Model Aeromodelling

Siapa sangka, seorang pria yang bekerja sehari-sehari sebagai buruh bangunan bernama Suherman (34) merupakan warga Gang Ali, Kelurahan Melati I, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, mampu membuat sebuah pesawat aeromodelling.

Sedikit informasi, aeromodelling adalah suatu kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi, olahraga dan bisnis.

Saat wartawan menyambangi rumah Suherman, ia mengatakan sudah ada sekitar satu tahunan ia menekuni membuat pesawat aeromodelling.

Pengakuannya dahulu awalnya ia seorang pembuat miniatur sepeda motor.

“Nama pesawatnya ini aeromodelling. Untuk bahannya ini body kitnya dari box buah dilapisi lakban, rodanya dari sandal jepit ditambah elektrik-elektrik dan remotnya beli di online,”kata Suherman, Jumat (17/9/2021) kemarin.

Komponen yang ada di dalam pesawat aeromodelling yaitu, motor brushless, esc, dan komponen-komponen ini hampir mirip dengan komponen untuk membuat robotik dan drone.

Ditanya kesulitan membuat pesawat aeromodelling, Suherman mengatakan, pada saat merakit elektriknya, dan harganya juga cukup mahal.

Selain itu, kesulitan lainnya pada saat mencari scalenya atau bodynya agar kelihatan seperti pesawat aslinya.

Sedangkan, dibagian sayapnya, perlu perhitungan yang akurat dan yang paling utama di Centre Gravitasi (CG).

“Cara kerjanya dengan pesawat yang beneran hampir sama, cuma di mesinnya saja yang beda,”papar Suherman.

Latest Posts