Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berlangsung pada Minggu 20 Oktober 2024. Masyarakat Indonesia telah menantikan pelantikan presiden 2024 usai berakhirnya pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu).
Pasangan Prabowo-Gibran telah memenangkan ajang Pemilu dengan perolehan suara sebanyak 58,58% dari seluruh suara sah nasional. Keduanya ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 oleh KPU pada 24 April 2024.

Agar tidak ketinggalan momen pelantikan presiden 2024, berikut ini isi sumpah presiden dan wakil presiden yang dibacakan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Mengenai sumpah presiden dan wakil presiden diambil dari Pasal 9 Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia tahun 1945, pengucapan sumpah/janji dilakukan sebelum memangku jabatan.

Sumpah dilakukan sesuai agama dan janji diucapkan dengan sungguh-sungguh di hadapan MPR dan DPR. Berikut ini teks sumpah/janji yang akan dibacakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Isi Sumpah Presiden (Presiden)
Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.

Isi Janji Presiden (Wakil Presiden)
Saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.

Dengan ini, secara resmi jabatan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin digantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selaku presiden dan wakil presiden RI tahun 2024-2029. Itulah isi teks sumpah/janji yang akan dibacakan saat pelantikan presiden-wakil presiden 2024.

 

RIS 96,5 FMAuthor posts

Avatar for RIS 96,5 FM

Number One Radio Station in Serdang Bedagai

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *